· Tiga lemen dasar yang membdakan tulisan bisnis dan meringkas tiga tahap proses penulisan 3-x-3.
Proses ini memberi rencana sistimatis dalam membuat komunikasi bisnis dari memo singkat dan laporan informasi sampai proposal perusahan dan presentasi lisan.
Tahap pertama proses penulisan (prapenulisan) yaitu menganalisis pesan, mengantasipasi audiensi, dan mempertimbangkan cara-cara untuk mengadaptasi pesan audiensi. Tahap kedua penulisan yaitu mencari topic, mengelola bahan, dan menyusun pesan. Tahap ketiga revisi yaitu mengoreksi dan mengevaluasi pesan.
· Proses penulisan bisa didapatkan untuk pesan singkat, langkah-langkah dalam proses penulisan bisa diatur ulang. Tim bisanya sering bekerja sama dalm melakukan sumbangan saran (brainstorming) juga menentukan prosedur, dan anggota juga menulis bagian laporan atau presentasinya. Tim mungkin bekerja sama dalam menggabungkan draf mereka. Teknologi juga sangat membantu untuk penulisan dengan program pengolah kata, revisi, dan sarana kolaborasi.
· Dalam analisis tugas penulisan dan memilih saluran komunikasi. Komunikator harus mengidentifikasi terlebih dahulu tujuan sebuah pesan, kemudian memilih saluran yang paling tepat. Pilihan tersebut tergantung pada kepentingan pesan, jumlah, dan kecepatan umpan balik yang diperlukan.
· Cara mengantisipasi dan membuat profil audiensi. Seorang penulis yang baik mengantisipasi audiensi ketika hendak menyampaikan sebuah pesan. Seperti apa latar belakang si pembaca? Bagaimana dia bereaksi terhadap pesan ini? . membayangkan seorang pembaca khusus adalah sangat penting untuk memandu sebuah tulisan. Dan membuat nasehat berharga tentang bagaimana meningkatkan pesan anda meliputi membuat profil audiensi anda dan merespons profil tersebut.
· Enam teknik penulisan yang membantu komunikator menyesuaikan pesan dengan tugas dan audiensi. Cara untuk beradaptasi kepada audiensi harus memilih nada dan kata yang tepat, menyoroti manfaat bagi pembaca, membangun sikap dan menggunakan bahasa yang peka dan sopan. Teknik penulisan pesan dengan tugas dan audiensi yaitu menyoroti manfaat bagi pembaca, melihat sudut pandang penerima, menggunakan bahasa yang jelas, menyatakan ide dengan positif, menunjukkan kesopanan, menggunkan kalimat yng singkat,lazim dan tepat.
· Empat bidang komunikasi mengandung tanggung jawab legal bagi penulis pesan. Dalam empat bidang informasi yang paling banyak menimbulkan tuntutan hukum yaitu investasi, keamanan, pemasaran, dan daya sumber manusia. Dalam penulisan mengenai investasi, komunikator harus menghindari informasi yang menyesatkan, melebih-lebihkan dan setengah benar. Informasi keamanan termasuk pemberitahuan mengenai cara penggunaan produk secara aman. Informasi pemasaran jangan menjanjikan lebih dari yang dimaksud. Dan dalam sumber daya manusia juga harus menggunakan pilihan kata yang baik, untuk menghindari dari tututan hukum potensial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar